WELCOME TO CONSUMEDIA INDONESIA BLOGSITE


Minggu, 23 September 2012

Tren Pasar Susu dan Minat Konsumen (1)

Inovasi yang terus menjadi penggerak pertumbuhan pasar dan menciptakan peluang bagi produsen makanan dan minuman untuk menciptakan market trend dalam sector produk susu.

Market trends utama pada tahun 2010 dan tahun-tahun selanjutnya berdasarkan analisa pasar adalah : ‘sense of simplicity’, produk ‘free from/terbebas dari’ dan fokus lanjutan pada kesehatan pencernaan dan solusi “weight management/ pengaturan berat badan.

Kesehatan pencernaan & merasakan manfaat 
Pada tahun 2010, klaim “kesehatan saluran cerna” dan kemampuan konsumen merasakan “manfaat” menjadi megatrend dan menjadi pesan pemasaran yang sangat diminati.  Oleh sebab itu, produsen produk susu dan minuman berlomba mencari bahan baku yang menawarkan klaim fungsional yang manfaatnya dapat dirasakan oleh para konsumennya. 

Salah satu contoh adalah pada minuman produk susu kesehatan, yang menguasai mayoritas pengembangan produk baru yang diluncurkan pada tahun terakhir.  Dan lagi, sebagai salah satu produk yang memimpin dengan berbagai klaim kesehatan, yoghurt semakin sering digunakan untuk menyampaikan klaim di kemasannya, mulai dari pesan ’membantu pencernaan’ dan ’menjaga keseimbangan pencernaan’ hingga ’membantu kekebalan tubuh’ dan ’menguatkan tulang’. 

Dengan mengaplikasikan sejumlah inulin BENEO dan/atau oligofruktosa (tersedia di pasaran sebagai Orafti®inulin dan Orafti®oligofruktosa) ke dalam minuman produk susu dan yoghurt, produsen dapat menghasilkan produk yang menawarkan manfaat nyata terhadap kesehatan pencernaan konsumen. Dengan asupan inulin dan oligofruktosa secara berkala (sebanyak lima gram setiap harinya), bifidobakteria yang menguntungkan akan terstimulasi dan meningkat jumlahnya lima hingga sepuluh kali lipat.

Di lain pihak, jumlah organisme berbahaya seperti klostridia di dalam sistem pencernaan juga akan berkurang. Sementara itu regularitas buang air besar membaik yang juga berperan besar dalam menjaga kesehatan system saluran cerna. Lebih jauh, produk BENEO yaitu Oligofruktosa atau enriched- inulin, yang merupakan patent dari BENEO (tersedia di pasaran sebagai Orafti® Synergy 1) telah terbukti secara klinis mampu meningkatkan penyerapan kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Weight Management 
Dalam hal weight management, yoghurt dan produk susu diperkirakan akan semakin memegang peranan penting. Slogan ‘sedikit itu lebih baik’ (rendah kalori, rendah lemak, rendah natrium, dan rendah gula) akan tetap menjadi tema utama pada peluncuran produk baru; contoh bagus mengenai ini adalah yoghurt bebas-lemak Vitalinea dari Danone, yang mengkombinasikan antara pesan rendah-lemak dan pesan ‘kenyang’.

Produk susu juga menjadi lebih fungsional berkenaan dengan  pengelolaan berat badan, melalui peluncuran produk seperti minuman yoghurt rendah-lemak Hunger Shot Strawberry Flavour High Protein & Fibre dari Slim Fast dan susu minuman rendah-lemak berperisa Silhouette Active dari Candia menjadi lebih umum dijumpai.

Terdapat serangkaian produk yang mendorong klaim weight management melalui penggunaan inulin dan oligofruktosan dari BENEO. Terdapat bukti ilmiah yang menyatakan bahwa inulin dan oligofruktosa, sebagai bahan baku tunggal  dapat menurunkan asupan energi setelah makan dan secara menguntungkan dapat mempengaruhi metabolisme gula dan lemak.
Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...