WELCOME TO CONSUMEDIA INDONESIA BLOGSITE


Minggu, 23 September 2012

Tren Pasar Susu dan Minat Konsumen (2)

Selain itu, Isomaltulosa BENEO (tersedia di pasaran sebagai Palatinose™) merupakan satu-satunya karbohidrat yang menyediakan asupan energi bagi tubuh untuk jangka waktu yang jauh lebih lama dibanding sukrosa dan sekaligus memiliki pengaruh yang sangat kecil terhadap kadar glukosa darah.

Dengan demikian, karena menyediakan energi yang seimbang dan berkesinambungan, bahan ini juga dianggap sebagai karbohidrat yang menyediakan “kalori lambat”. Bahan ini ideal untuk digunakan pada produk makanan dan minuman, terutama produk susu. Selain itu, karena hygroscopicity yang rendah, Palatinose™ juga cocok untuk produk instan seperti susu bubuk.

Sense of simplicity
Tren lain yang terlihat akan menyusul adalah ‘all things simple’ dan ‘natural’/alami’. Kita melihat adanya pertumbuhan yoghurt tanpa aditif dan yoghurt tanpa bahan pengawet, dan juga segala yang berbau ‘organik’ dan ‘alami’ yang semakin populer. Untuk meyakinkan bahwa pesan ‘alami’ yang dipromosikan adalah “dapat dipercaya” – berkaitan dengan produk pangan fungsional – para produsen produk makanan dan minuman yang menawarkan klaim fungsional tersebut, harus memilih bahan baku yang tepat dengan sangat selektif.

Itulah sebabnya BENEO, misalnya, hanya menggunakan komposisi alami yang paling murni seperti beras, chicory dan gula bit.

‘Free from’
Tahun 2009 dianggap sebagai tahun klaim ‘free from/terbebas dari’, dengan semakin banyaknya produk laktosa baru dan produk bebas-produk susu yang memenuhi rak-rak supermarket utama. Tren ‘terbebas dari’ sekali lagi mendapatkan momentum pertumbuhannya di tahun 2010. Produk alternatif susu – seperti produk berbahan dasar susu kambing, susu kedelai dan susu berbasis beras (rice-milk). akan berkembang pesat dan campuran kreatif ‘terbebas dari’ dan ‘klaim sehat’ juga akan terbukti semakin populer.

Sebagai contoh, di sini adalah minuman sari kedelai Alpro Soya dengan inulin, yang mengkombinasikan pesan ‘bebas-laktosa’ dan ‘kesehatan usus’ untuk pemasaran minuman campuran yang maksimal.  

Pendekatan Produsen
Sejalan dengan permintaan produk fungsional yang semakin meningkat dalam beberapa tahun, produksi dan pemasaran menjadi semakin kompleks. Selain itu, diskusi terakhir mengenai dampak peraturan menunjukkan betapa kompleks hubungan antara makanan dan minuman, gizi, undang-undang dan komunikasi terhadap konsumen. 

Hal ini berarti bahwa pendapat yang dapat diandalkan dan informasi yang jelas akan menjadi lebih penting dibanding sebelumnya. Institut BENEO yang baru saja didirikan memfasilitasi akses konsumen ke riset terbaru dalam bidang gizi, dan dapat menganjurkan atau memberi saran tentang klaim dan juga hal-hal yang berhubungan dengan peraturan pemerintah setempat mengenai klaim tersebut. 

Dengan demikian, produsen diharapkan akan termotivasi untuk terus mengembangkan pendekatan inovatif terhadap makanan fungsional. 

Van der Schraelen, Manajer Komunikasi Pemasaran, BENEO
dan Koen van Praet, Direktur Pengelola, Beneo Asia.
------------------------------------------------------------------------ 
previous  |

Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...