WELCOME TO CONSUMEDIA INDONESIA BLOGSITE


Kamis, 07 Maret 2013

2013: Barclay Mematok Target 30% Pangsa Pasar Lotion

Anak usaha PT Tempo Scan Pacific, Barclay Products pada tahun ini mematok target 30% pangsa pasar lotion pada 2013.

Olivia Lubis Jensen
PT Barclay Products meluncurkan produk terbarunya, Marina Hand Body Lotion UV White Ekstra SPF 15, pada 7 Maret 2013.

Acara peluncuran Marina Hand Body Lotion UV White Extra SPF 15 ini berlangsung di gedung Tempo Scan Tower, Jalan Rasuna Said kav 3-4, lantai 16. Dalam Jumpa Pers dan Talk Show ini menghadirkan pembicara Nina M. Yunianto (PT Barclay Product), dr M Rachadian Ramadhan (Gentur Cleft Foundation) dan Aktris cantik Olivia Jensen Lubis.

Marketing Director PT Barclay Product, Nina M. Yunianto dalam jumpa pers di sela peluncuran tersebut menyatakan, "Marina UV White Extra SPF 15 dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan perlindungan extra yang akan menjaga dari pengaruh buruk sinar matahari dan merawatnya setiap hari. Fungsi SPF 15 sendiri adalah pelindung kulit yang optimal dari sengatan sinar UVB saat beraktivitas di tempat terbuka," ujarnya.

Ia menambahkan, Marina UV White Extra SPF 15 lebih sekedar dari perlindungan agar kulit tidak terbakar sinar Matahari saja. "Selain SPF 15, Marina UV White Extra SPF 15 juga mengandung PA+ sebagai proteksi terhadap radiasi UVA dan menghambat proses penggelapan kulit serta Biowhitetening Complex dari Yoghurt dan vitamin B3 yang kaya nutrisi untuk membantu mencerahkan kulit dari dalam," tambahnya.


Produk hand and body lotion merek Marina itu diusung sebagai produk utama perseroan dari total delapan merek milik Barclay. President Director PT Barclay Products Phillips Gunawan mengklaim pada 2012 Marina mencapai 27% pangsa pasar di kategori produk lotion di Tanah Air, kedua terbesar setelah produk lotion Unilever.

Menurut Phillips, saban tahun volume penjualan Marina tumbuh di atas pertumbuhan industri. Pertumbuhan volume penjualan industri lotion sendiri kurang dari 10%.

Lewat pertumbuhan pangsa pasar, Phillips menargetkan kontribusi pendapatan Marina terhadap total pendapatan perseroan turut membesar. Pada 2012, Marina menyumbang pendapatan sekitar 50% dari total pendapatan perseroan. Kontributor terbesar kedua yakni My Baby.

Untuk mencapai target pangsa pasar Marina sebesar 30%, perseroan, dibantu divisi pemasaran dan distribusi dari Grup Tempo, berencana menambah jumlah outlet di beberapa kota di Indonesia pada tahun ini. Sampai saat ini Grup Tempo memiliki 40 cabang pemasaran dan distribusi dari Banda Aceh hingga Jayapura.

Tak hanya di dalam negeri, Tempo Group sudah berancang-ancang menambah jumlah perwakilan di luar negeri. Menurut Phillips, penambahan perwakilan akan difokuskan di Asia Tenggara. Sayang, dia enggan membeberkan negara mana yang akan didatangi Grup Tempo. Hingga sekarang, perwakilan grup baru ada di Malaysia, Filipina, Nigeria, dan Afrika.

"Kontribusi penjualan di luar negeri terhadap total penjualan grup masih kecil. Tahun lalu masih 10%. Lewat penambahan perwakilan, kami harap kontribusi bisa lebih besar," kata Phillips.

Potensi pasar produk-produk Barclay Products di luar Indonesia, menurutnya, cukup besar. Ambil contoh Filipina, negara di Asia Tenggara dengan penduduk hampir 100 juta.

Tanpa menyebut angka, Phillips menargetkan kontribusi konsumen dan kosmetik terhadap total pendapatan grup pada tahun ini lebih besar dari 2012. Pada tahun lalu, pendapatan dari divisi konsumen dan domestik menyumbang 25% hingga 30% terhadap total bisnis Grup Tempo.

Perusahaan yang berdiri sejak 1953 itu memiliki tiga divisi bisnis, yakni farmasi, pemasaran dan distribusi, serta konsumen dan kosmetik. "Target tahun ini tidak mau sebutkan. Yang pasti lebih besar dari 2012," ujar Phillips.(*)

------------------------------------------------------------------------
.
Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...