WELCOME TO CONSUMEDIA INDONESIA BLOGSITE


Rabu, 30 Januari 2013

2013: Penjualan Susu Olahan Diproyeksi Tumbuh 10%

Penjualan industri susu olahan tahun ini ditargetkan naik 8%-10% menjadi Rp 35,82 triliun-Rp 36,48 triliun dibanding 2012, menurut asosiasi industri. Peningkatan tersebut ditopang pertumbuhan volume konsumsi.

“Pertumbuhan konsumsi menjadi faktor utama pendukung pertumbuhan industri susu nasional tahun ini,” kata Sabana Prawiradjaja, Ketua Umum Asosiasi Industri Pengolahan Susu (AIPS). Peningkatan volume antara lain didukung pertumbuhan jumlah penduduk.

Sabana menambahkan pertumbuhan konsumsi juga di dukung perbaikan daya beli masyarakat, seiring proyeksi pertumbuhan perekonomian Indonesia. “Meningkatnya kesadaran akan kesehatan juga mendorong konsumsi susu tahun ini,” ujar dia.

Pertumbuhan penjualan juga seiring target kenaikan penjualan oleh sejumlah produsen susu. Sabana yang juga Presiden Direktur PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company menuturkan perseroan menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 19,8% menjadi Rp 3,24 triliun di 2013 dibanding tahun lalu.

Kenaikan penjualan akan mendorong laba bersih Ultrajaya. Perseroan menargetkan laba bersih sebesar Rp 261,1 miliar pada 2013, naik 34% dibanding proyeksi tahun lalu Rp 194,7 miliar.

“Peningkatan penjualan ditopang penambahan kapasitas produksi pabrik sebesar 20%-30% pada 2013 dibanding tahun lalu,” kata Sabana. Setelah penambahan, kapasitas produksi Ultrajaya akan mencapai 360 juta liter-390 juta liter susu cair per tahun.

Sabana menuturkan penambahan kapasitas produksi akan dibiayai alokasi belanja modal 2013 sebesar US$ 5 juta-US$ 10 juta. Sementara di 2012, perseroan mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 60 miliar, juga untuk pembelian mesin produksi. Perusahaan juga berencana membangun pergudangan di Jakarta untuk mendukung distribusi.

Ultrajaya masih mencari lahan sekitar 10 hektare untuk membangun pergudangan. Saat ini, jaringan distribusi Ultrajaya menjangkau 50 distributor dan 125.000 toko ritel di seluruh Indonesia. PT Frisian Flag Indonesia, pesaing Ultrajaya di segmen susu cair, memproyeksikan penjualan pada 2013 mencapai Rp 9,4 triliun, naik 20% dibandingkan target penjualan tahun lalu Rp 7,84 triliun.

“Kenaikan volume penjualan didukung kondisi ekonomi In donesia yang baik,” kata Sri Megawati,

Direktur Frisian Flag Indonesia. Pertumbuhan penduduk Indonesia juga menjadi pendorong pertumbuhan penjualan tahun ini. Makin meningkatnya kesadaran masyarakat akan manfaat susu juga menjadi pendorong pertumbuhan penjualan perusahaan di 2013 dan tahun-tahun mendatang. 

Frisian Flag tahun ini akan terus melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mendukung penjualan. “Dalam promosi, kami senantiasa mengkampanyekan manfaat dan kebaikan susu,” ujar Sri. (dsb)
Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...