WELCOME TO CONSUMEDIA INDONESIA BLOGSITE


Selasa, 26 Februari 2013

Ekspansi Hero Supermarket Kian Agresif

Situasi ekonomi Indonesia yang kondusif membuat pertumbuhan industri ritel terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Pertumbuhan ini ditopang oleh pengembangan usaha yang kian agresif sejalan dengan upaya perbaikan jalur distribusi serta kemampuan pemerintah untuk menjaga laju inflasi, memelihara stabilitas politik dan kondisi keamanan nasional.

Melihat peluang ini, salah satu perusahaan jaringan ritel terbesar, PT Hero Supermarket terus bergerak dalam melakukan ekspansi dengan melakukan pembukaan cabang baru. Pada 2012 lalu HERO telah membuka 97 toko baru, termasuk tujuh gerai Giant Hypermarket.

Dengan pembukaan gerai pada 2012, praktis per 31 Desember 2012 HERO telah mengoperasikan 46 gerai Giant Hypermarket, 142 gerai Hero dan Giant supermarket, 266 gerai kesehatan dan kecantikan Guardian dan 151 gerai Starmart convenience store. Seiring peningkatan ekspansi, perseroan pada sepanjang 2012 berhasil membukukan laba bersih senilai Rp303 miliar atau tumbuh 10,7% dibandingkan periode yang sama 2011 sebesar Rp273,5 miliar.

Peningkatan laba ini seiring fokusnya perseroan untuk meningkatkan produktivitas terhadap penjualan, di mana penjualan bersih naik sebesar 17,4% atau mencapai Rp 10,51 triliun.

Head of Research eTrading Securities, Bertrand Raynaldi, dalam risetnya di Jakarta, Selasa (26/2), mengungkapkan raihan laba bersih perseroan yang yang bertumbuh 10,7% merupakan hal yang positif. “Pertumbuhan laba bersih perseroan pada 2012 ditopang oleh pertumbuhan penjualan,” katanya.

Ia menambahkan bertumbuhnya penjualan merupakan hasil positif dari ekspansi gerai yang dilakukan HERO. “Di tengah persaingan dalam industri retail dan pertumbuhan pendapatan per kapita Indonesia yang menjadi basis pasar industri retail, strategi efisiensi dan penetrasi pasar dapat menjadi pilihan,” terangnya.
Dari langkah tersebut, perseroan ke depan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas yang pada gilirannya berdampak signifikan terhadap pertumbuhan kinerja keuangannya.(dbs)
Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...